Tips Belanja Online

    Apapun juga dalam kehidupan ini mempunyai sisi positif dan juga negatif seperti halnya internet. Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat, bahkan bisa juga dijadikan sebagai media untuk bisnis atau jual beli. Namun dari semua itu, banyak juga orang yang menggunakan internet untuk kejahatan, penipuan, dan tindak kriminal lainnya.
    Setelah membaca artikel dari Yahoo News tentang toko online gadungan yang ada di situs jejaring sosial Facebook, saya jadi berfikir untuk dapat menjelaskan bahwa tidak semua toko online itu merupakan situs penipuan atau situs gadungan, anda hanya perlu mengetahui beberapa tips belanja online dengan aman seperti yang dijelaskan pada artikel ini. Beberapa hal yang perlu anda selidiki sebelum anda memutuskan untuk melakukan transaksi dengan toko online antara lain sebagai berikut.
    1. Apakah mereka memiliki situs sendiri - Pada kasus yang tertulis di Yahoo News adalah mengenai toko online yang ada di Facebook yang biasanya mereka melakukan promosi dengan cara tagging foto kepada beberapa teman yang mereka miliki. Sebenarnya ini tidak masalah jika anda memang membutuhkan produk-produk yang mereka tawarkan. Namun ini dapat menjadi masalah ketika anda di tag berkali-kali dalam sehari, bisa-bisa wall anda seperti pasar. Catatan : Tidak semua yang melakukan promosi seperti ini adalah scam atau penipuan.  
    2. Harga yang pantas - Pada kasus diatas, si korban tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal. Catatan : Lebih baik jika anda tidak melakukan transaksi dengan penjual yang menawarkan harga murah yang tidak masuk akal. 
    3. Situs memiliki halaman kontak yang dapat dihubungi - Apalah artinya jika toko online tidak memiliki kontak atau customer service yang dapat dihubungi oleh pelanggannya. Dengan memiliki customer service yang dapat dihubungi maka anda dapat menghubungi mereka jika anda memiliki pertanyaan atau terjadi sesuatu pada waktu shipping. Kontak bisa berupa form email, alamat email atau nomor telepon/HP. Catatan : Jika toko online tidak memiliki kontak/customer service yang dapat dihubungi, jangan sekali-kali anda melakukan transaksi. 
    4. Testimonial - Situs atau Fan Page Facebook yang memiliki testimonial menandakan bahwa situs atau Fan Page Facebooktersebut telah memiliki pelanggan, dan ini bagus untuk dapat mengetahui tentang kualitas produk yang mereka tawarkan dari pelanggan mereka. Catatan: Sebagian besar toko online memang memiliki testimonial. Jika tidak ada, kemungkinan toko online tersebut masih baru dan belum memiliki pelanggan. 
    5. Memiliki Twitter atau halaman Pages di Facebook - Toko online yang memiliki Twitter dan Facebook Pages menandakan bahwa mereka memiliki strategi marketing. Halaman Facebook Pages yang dimaksud disini adalah akun Facebook Pages, bukan akun Facebook individu. Apa perbedaanya? Facebook Pages memiliki tombol “Like” untuk bergabung, sedangkan akun Facebook individu memiliki tombol “Add as Friend” untuk menjadi teman. Catatan: Bukan berarti toko online yang tidak memiliki Twitter atau Facebook adalah situs penipuan, mungkin mereka belum mengetahui tentang social media marketing atau tidak tertarik untuk melakukan itu. 
    6. Hal-hal tidak wajar lainnya - Biasanya transaksi online dilakukan dengan melakukan transfer antar bank, kartu kredit atau bisa juga lewat payment gateway seperti Paypal atau iPaymu. Namun jika anda menemukan toko online yang menanyakan tentang hal-hal yang bersifat rahasia seperti password kartu ATM, internet banking atau password akun Paypal anda, maka anda harus berhati-hati karena hal ini tidak masuk akal. Pihak bank dan atau Paypal sendiri tidak mungkin menanyakan hal tersebut. Catatan: Jangan sekali-kali melakukan transaksi dengan toko online seperti ini.

    Saya sadar ada banyak toko online di Facebook yang menjalankan bisnisnya dengan benar, tulisan ini hanya bermaksud untuk mengingatkan masyarakat supaya lebih berhati-hati lagi ketika ingin melakukan transaksi online.
    Di dalam situs www.pusatbelanjaterpercaya.blogspot.com merupakan penjual yang terpercaya dan semua penjual telah mengumpulkan biodata berupa Scan KTP, foto penjual, alamat toko dan no kontak kepada kami (admin). Jadi Semua penjual yang ada di www.pusatbelanjaterpercaya.blogspot.com merupakan penjual yang telah diketahui keberadaannya;. Para Customer jangan ragu-ragu untuk Belanja disini karena semua penjual yang ada di situs ini sudah termasuk PENJUAL TERPERCAYA. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tentang pelayanan para penjual, silahkan kirim pengaduan ke alamat email kami pusatbelanjaterpercaya@ymail.com atau di  customer service kami di nomer  0838 5606 4303.
    Terima Kasih atas kepercayaan Customer telah berkunjung dan Belanja di situs kami. Jika ada kekurangan, mohon koreksinya. 

    Admin 




    Kalender

    Sudahkan Anda Shalat ?

    Pemilik Blog

    Advertisement

    Need Translate ?

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Our Visitor

    Our Link




    Web Directories
    Tukar Link

Pusat Belanja Terpercaya

Silahkan Login

Disamping ini adalah Login Area untuk update berita-berita terkini seputar bisnis online. Karena Blog ini bersifat terbuka untuk umum diperlukan mendaftar menjadi Member. Data anda akan kami simpan dan akan kami jaga kerahasiaannya. Terima Kasih

Download File

Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!